Gerindra, PKS, Dan PAN Resmi Koalisi Pilih Prabowo Subianto Jadi Capres

Gerindra, PKS, Dan PAN Resmi Koalisi Pilih Prabowo Subianto Jadi Capres
Go Fakta. Berakhirnya teka-teki perihal koalisi oposisi sebagai penantang utama Jokowi di Pilpres 2019 selesai sudah. Trio partai Gerindra, PKS, dan PAN sepakat untuk berkoalisi di Pilpres 2019 dengan mengusung Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto sebagai calon presiden.

Keputusan tersebut merupakan hasil pertemuan dari Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto, Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Sohibul Iman, Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan, serta Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais yang berlangsung pada Sabtu 14 Juli 2018 lalu di rumah Prabowo, Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan.

Dalam pertemuan yang dilakukan secara tertutup tersebut, Prabowo, Sohibul, Zulkifli, dan Amien sempat pula makan siang bersama. Pertemuan yang juga dihadiri oleh sejumlah pejabat ketiga partai tersebut menghasilkan beberapa keputusan. Keputusan yang paling penting dan pokok adalah keputusan untuk mengusung Prabowo sebagai calon presiden di Pilpres 2019 mendatang.

“Dalam pertemuan itu disepakati Presiden tetap Prabowo,” kata Wakil Ketua Umum Gerindra Sugiono. Terbentuknya koalisi tersebut sekaligus mengakhiri polemik koalisi trio “Partai Allah” yang sebelumnya terancam buntu. Maklum saja, dalam beberapa waktu terakhir, masing-masing partai justru terlihat sibuk dengan manuver-manuvernya sendiri.

Gerindra misalnya, sempat membangun wacana duet Prabowo dengan putra mahkota Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono. Lalu PKS pernah mengusulkan duet Anies Baswedan dan Ahmad Heryawan. Sementara PAN disebut-sebut punya rencana untuk membentuk poros ketiga.

Meski demikian, kendati sudah sepakat untuk berkoalisi, tetapi hingga kini, ketiganya belum 
memutuskan siapa yang kelak akan dipilih sebagai calon wakil presiden mendampingi Prabowo.

Menurut Ferry Juliantono, pejabat Gerindra urusan cawapres akan segera dibahas pada pertemuan selanjutnya, karena pertemuan kemarin murni membahas koalisi. “Soal-soal lain termasuk soal cawapresnya akan dibahas dalam pertemuan berikutnya,” kata Ferry.

Comments

Popular posts from this blog

KPN-GP Tekad Prabowo Presiden 2019

Inilah Hastag #2019PrabowoPresiden Membentang di Tugu Proklamasi

Dukungan Penuh dari KPN GP 2019 Prabowo Presiden